Selasa, 01 November 2016

UJIAN TENGAH SEMESTER GASAL TAHUN 2016/2017



Nama                   : Yongky Vafane
NIM                     : D1042161006
Prodi                   : Teknik Informatika
Mata Kuliah        : Pengantar Teknik Informatika


PERANAN LULUSAN TEKNIK INFORMATIKA BAGI MASYARAKAT

1.             PENDAHULUAN
Pada zaman dahulu kala, perkembangan informasi dan komunikasi masih sangat sederhana yaitu manusia berkomunikasi satu sama lain. Manusia berusaha mengkomunikasikan segala sesuatu yang ada disekitarnya dengan berbagai cara. Zaman prasejarah manusia belum mengenal tulisan, dan pada saat itu manusia berkomunikasi dengan bahasa isyarat dan bahasa lisan yang masih sangat sederhana. Manusia saat itu juga mempunyai tradisi membuat lukisan-lukisan didinding gua. Pada tahun 3000 SM, Bangsa Sumeria telah mengenal tulisan dalam bentuk symbol-simbol yang dinamakan “pictograf”. Hal ini membuat mereka menjadi bangsa pertama didunia yang mengenal tulisan. Semenjak bangsa-bangsa didunia mengenal tulisan, cara berkomunikasi manusia semakin mengalami kemajuan. Dengan perkembangan kemampuan manusia saat ini, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi semakin canggih.

2.             ISI
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini tidak terlepas dari kemampuan manusia dalam mengembangkan alat teknologi informasi dan komunikasi. Manusia mulai menggunakan kemampuannya untuk membuat peralatan yang memudahkan manusia berkomunikasi dari suatu tempat ke tempat lainnya, dan pada jangka waktu yang berbeda pula. Pada era globalisasi sekarang ini, IT (Information Techno-logy) sudah menjadi kebutuhan mutlak bagi setiap organisasi termasuk perusahaan baik di bidang jasa maupun barang dan juga pada organisasi nirlaba. Selain itu, teknologi ini juga merupakan salah satu ilmu yang mampu menyentuh masyarakat secara perorangan seperti misalnya dalam komunikasi, hiburan dan pendidikan. Oleh karena itu, kebutuhan tenaga kerja profesional di bidang Teknik Informatika ini sangat tinggi baik di tingkat nasional maupun internasio-nal. Selain diserap oleh pasar tenaga kerja, seorang lulusan Teknik Informatika juga dapat dengan mudah menjadi seorang entrepreneur dengan keahlian dan kreativitasnya di bidang ilmu Informatika.
Di bawah ini beberapa profesi dalam bidang Teknologi Informasi diantaranya :
1.        Chief Information Officer (CIO)        = Pelayanan informasi
2.        System Analyst                                    = Analisa,merancang,implementasi SI.
3.        Programmer                                       = Spesifikasi dari analis sistem
4.        Network Administrator                       = LAN,WAN
5.        System Programmer                           = Merancang, mengembang,memeliihara,implementasi.
6.        Database Administrator                     = Merancang,menciptakan,memelihara
7.        Webmaster                                          = Menciptakan dan memelihara situs internet (WWW).
8.        Operator Komputer                            = Instalasi,input
9.        User Liaison                                       = Mengkoordinasi aktivitas di suatu area fungsional.
10.    PC Spesialist                                      = Operasi dan fungsi PC dan perangkat keras.

Selain bidang-bidang profesional di atas, sarjana Informatika juga dapat bekerja di bidang lainnya. Misalnya di bidang pendidikan atau dalam bidang keilmuan dengan menjadi peneliti di lembaga-lembaga penelitian seperti di LIPI, BPPT, dan Badan Penelitian dan Pengembangan di perusahaan.

3.             PENUTUP
Seiring dengan perkembangan teknologi komputer yang sangat cepat, maka program pendidikan program studi Teknik Informatika diarahkan dapat menguasai ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan piranti lunak (software) dalam pengolahan dengan komputer. Di samping itu, lulusan Teknik Informatika memiliki kemampuan untuk merencanakan suatu jaringan dan sistem komputer, serta menguasai dasar-dasar ilmu dan teknologi informasi sebagai landasan untuk pengembangan studi lanjutan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar